Rahasia Kesuksesan Seorang Pengusaha

Rahasia Kesuksesan Seorang Pengusaha

Beberapa hari yang lalu saya mengikuti training yang fenomenal dari Tung Desem Waringin yang banyak memberikan inspirasi. Kemudian beberapa hari berikutnya saya mengajak seorang pengusaha untuk makan malam bersama. Beliau adalah seorang sosok yang sangat bersahaja. Dalam obrolan malam ditemani dengan makanan yang tersaji serta pemandangan bukit yang indah beliau mulai bercerita mengenai karirnya dan keluarganya. Ternyata apa yang diceritakan pengusaha tersebut sangat pas dengan apa yang saya dapatkan dalam training dengan Tung Desem Waringin beberapa hari yang lalu.

Berikut adalah tiga pencerahan yang saya dapatkan dalam obrolan sekitar 2 jam dengan pengusaha tersebut.

Pencerahan Pertama

Pengusaha : Saya ini lahir dari keluarga yang biasa-biasa saja tetapi saya adalah seseorang yang terus bermimpi dan mempunyai cita-cita yang tinggi baik untuk saya pribadi maupun untuk keluarga saya. Salah satunya adalah untuk kuliah anak saya yang sudah saya rencanakan sekitar 10 tahun yang lalu sebelum saya memulai bisnis pribadi. Saya berkeinginanan untuk menyekolahkan anak saya kuliah di luar negeri. Saya tuliskan rencana saya atau keinginan saya tersebut dalam sebuah kertas dan saya lakukan ini sebelum saya kenal anda dan ikut training anda tentang goal setting.

Pada salah satu sesi training motivasi saya isinya adalah bagaimana seseorang harus mempunyai cita-cita dan cita-cita tersebut harus dalam bentuk tertulis. Mengapa ? Karena ketika anda menulis maka cita-cita tersebut akan masuk dalam pikiran bawah sadar anda dan anda akan lebih mudah untuk meraih cita-cita tersebut. Paling tidak hal ini sudah dibuktikan melalui riset di Amerika bahwa orang yang mempunyai cita-cita dan tertulis hidupnya jauh lebih bahagia dan sukses dibandingkan dengan orang-orang yang tidak mempunyai cita-cita. Tetapi sayang riset tersebut mengatakan bahwa orang yang mempunayi cita-cita dan tertulis jumlahnya hanya sekitar 3% saja. Ternyata malam ini saya dihadirkan dengan bukti baru yang nyata tentang hebatnya menuliskan goal yang kita inginkan dari seorang sosok pengusaha yang bersahaja ini.

Pencerahan Kedua

Pengusaha : Andreas ada lagi yang penting untuk bisa sukses dan menikmati hidup yaitu mampu menunda kesenangan. Saya selalu menanamkan hal ini kepada anak-anak saya bahwa kalau mereka ingin membeli sesuatu di luar kebutuhan utama maka mereka harus bersabar dan menunggu 1-2 bulan untuk mendapatkannya.

Wow luar biasa. Dalam hidup ini umumnya malah terbalik ketika menginginkan sesuatu kita langsung tancap gas tanpa mempertimbangkan ada atau tidak adanya uang, bahkan berhutang-pun tidak masalah yang penting kita mendapatkan benda yang kita inginkan tersebut. Ternyata pengusaha ini berprinsip 180 derajat bertolak belakang dengan orang-orang pada umumnya.

Saya mulai merenung tentang menunda kesenangan ini dan akhirnya saya ingat kembali sebuah penelitian di Amerika terhadap anak-anak yang berusia 5-6 tahun yang diberikan coklat tetapi diminta untuk menunggu 30 menit baru boleh memakan coklat tersebut. Sebagian besar anak tidak tahan menunggu sehingga sebelum 30 menit mereka sudah menyantap coklat tersebut dan hanya sebagian kecil saja yang mampu bertahan hingga 30 menit baru memakannya. Tetapi apa yang terjadi 30 tahun kemudian anak yang mampu menahan dirinya selama 30 menit tersebut hidupnya jauh lebih sukses dan bahagia dibandingkan dengan yang lainnya.

Pencerahan Ketiga

Pengusaha : Saya selalu mendidik anak saya untuk berdoa, disiplin, bertanggung jawab dan mampu mengendalikan diri dengan menunda kesenangan sejak masih kecil hingga mereka menjadi dewasa seperti ini. Saya lakukan itu secara konsisten dan saat ini saya menikmati hasilnya, meskipun anak saya kuliah di luar negeri dan tidak bersama saya tetapi mereka tetap berdoa, disiplin, bertanggung jawab dan mampu mengendalikan dirinya.

Konsistensi merupakan hal sederhana yang harus kita lakukan untuk menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Memang kadangkala tidak mudah untuk menjadi konsistensi tetapi dengan prinsip paksa-rela atau dipaksa secara sukarela dan dengan penuh disiplin ternyata mampu memberikan hasil yang luar biasa. Sebuah ilustrasi betapa hebatnya konsistensi dan disiplin adalah ternyata dengan berinvestasi hanya sebesar Rp. 100,00 setiap bulan selama 50 tahun akan menghasilkan uang sejumlah Rp. 1.000.000.000,00. Ya anda tidak salah baca cepek menjadi semiliar.

Pencerahan Satu-Dua-Tiga

Pengusaha yang bersahaja itu secara tidak langsung telah merajut sebuah kunci rahasia kesuksesan bagi setiap orang yaitu membuat goal yang jelas serta tertulis, menunda kesenangan dan konsisten dalam melakukan hal-hal kecil yang menunjang kepada goal tersebut.

 

 

Salam Prestasi,

 

Andreas Hartono
Mindset Motivator

2 thoughts on “Rahasia Kesuksesan Seorang Pengusaha

Leave a Reply

Your email address will not be published.