Nilai Uang Indonesia Di Masa Mendatang

Nilai Uang Indonesia Di Masa Mendatang

Dalam setiap sesi training saya sering bertanya kepada peserta berapa harga pecel lele tahun ini dan berapa harganya tahun lalu ? Dan anda tahu jawabannya ternyata hampir di semua lokasi menjawab terjadi kenaikan harga 25-50% dalam setahun terakhir ini. Wow… Artinya kalau dibandingkan pecel lele uang kita menyusut 25-50% dalam setahun padahal kenaikan gaji kita gak sampe khan 25-50% setahun. Hehehe

Sebenarnya berapa sih penurunan nilai uang kita dalam setahun atau yang dikenal dengan istilah inflasi ini ? Untuk menjawab hal ini tidaklah mudah karena akan berbeda antar jenis komoditi dan juga lokasi misalkan dari beberapa data yang saya peroleh untuk kesehatan naik sekitar 13% per tahun, pendidikan perguruan tinggi di Jakarta sekitar 9-15% setahun.

Nah kalau mau menghitung untuk kebutuhan kita di masa mendatang di Indonesia pake angka berapa ya ? Masing-masing pasti mempunyai dasar pemikiran dan bagi saya kalau berpikir optimis inflasi bisa dipatok di angka 10% dan kalau pesimis atau mau lebih aman inflasi bisa dipatok di angka 15%.

Anggap saja inflasi 10% per tahun lalu berapakah nilai uang Indonesia di masa mendatang ? Kalau anda sudah siap yuk kita lihat informasi berikut ini :

5 tahun mendatang nilai uang tinggal 62%
10 tahun mendatang nilai uang tinggal 39%
15 tahun mendatang nilai uang tinggal 24%
20 tahun mendatang nilai uang tinggal 15%
25 tahun mendatang nilai uang tinggal 9%
30 tahun mendatang nilai uang tinggal 6%

Artinya kalau saat ini anda mempunyai uang atau polis asuransi senilai 1M maka 5 tahun mendatang nilainya tinggal 620 juta, 10 tahun mendatang tinggal 390 juta, 15 tahun mendatang tinggal 240 juta, 20 tahun mendatang tinggal 150 juta dan 30 tahun mendatang nilai uang anda tinggal 60 juta.

Semoga dengan mengetahui hal ini kita lebih bijak dalam merencanakan keuangan kita untuk masa mendatang.

Salam,
Andreas Hartono
Mindset & Financial Motivator

Leave a Reply

Your email address will not be published.