Berapa Persen Otak Kita Digunakan ?

Berapa Persen Otak Kita Digunakan ?

Dalam training yang saya ikuti sekitar 7 tahun lalu disampaikan oleh seorang trainer bahwa manusia mempunyai kapasitas otak yang sangat luar luar luar biasa. Dikatakan bahwa manusia memiliki sekitar 100 miliar sel syaraf dengan 20.000 cabang untuk setiap sel syarafnya. Salah satu iklan susu di televisi-pun menggunakan angka ini untuk menyampaikan betapa hebatnya otak manusia. Tapi apa yang terjadi dengan kita yang sesungguhnya ? Katanya orang jenius baru menggunakan otaknya sekitar 6%, orang pintar 4% dan yang biasa-biasa saja paling baru menggunakan sekitar 3% saja dari kapasitas otaknya. Tanpa terlibat dalam perdebatan benar tidaknya angka ini maka kita asumsikan saja bahwa kita masih menggunakan sangat kecil dari kemampuan kapasitas otak yang kita miliki. Mengapa hal ini terjadi ? Karena kita cenderung MELAKUKAN HAL YANG SAMA DENGAN CARA YANG SAMA, akibatnya otak yang digunakan hanya itu dan itu dan itu saja.

Mari kita buktikan !

Dalam setiap kesempatan training motivasi edutainment saya selalu bertanya kepada peserta : “Kalau anda mandi biasanya membuka baju atau celana dulu ?” Rata-rata peserta laki-laki akan menjawab membuka baju terlebih dahulu. Lalu saya tanyakan lagi sudah berapa kali anda melakukan hal yang sama dengan cara yang sama seperti itu ? Kalau seandainya sehari 2 kali dikalikan 350 hari dalam setahun dikalikan 20 tahun maka sudah melakukan hal yang sama dengan cara yang sama sekitar 14 ribu kali.

Lalu saya bertanya lagi : “sekarang kalau mau mandi anda apakah anda masih berpikir apakah hari ini buka baju dulu atau buka celana dulu ?” Ternyata semua menjawab tidak dan sudah terjadi dengan reflek atau sudah berjalan secara otomatis. Kalau gitu artinya waktu kita mandi otaknya tidak digunakan dong ? Hahaha iya kurang lebih seperti itulah karena otak kita sudah menjalankan sistem autopilot karena sudah terbiasa melakukan hal yang sama dengan cara yang sama.

Terus bagaimana supaya kita mampu menggunakan otak kita lebih banyak ? LAKUKANLAH HAL YANG SAMA DENGAN CARA YANG BERBEDA, maka otak anda otomatis akan bekerja karena ada hal yang baru dan semakin banyak hal baru yang dilakukan maka otomatis semakin banyak pula kapasitas otak yang kita gunakan.

Mari kita lihat secara spiritualitas, dalam kitab suci dikatakan bahwa ketika anda pergi sholat hendaklah pulang lewat jalan yang berbeda. Apa maksudnya ? Supaya kita melakukan silaturahmi dengan banyak orang tetapi di lain hal kita diajak secara tidak langsung untuk melakukan hal yang sama dengan cara berbeda.

Salam Prestasi,

Andreas Hartono
Mindset Motivator

One thought on “Berapa Persen Otak Kita Digunakan ?

Leave a Reply

Your email address will not be published.